Selasa, 15 Desember 2009

tugas an organik II

penyebab air laut asin.

Penyebab asin itu adalah garam. Garam adalah senyawa kimia yang terdiri dari dua bagian yang bermuatan positif dan bermuatan negatif yang keduanya saling tarik menarik sehingga membentuk “garam” (bagian yang bermuatan positif dan negatif ini disebut ION)

Contoh senyawa garam adalah Natrium Klorida, sehingga ion positifnya adalah Natrium dan ion negatifnya adalah Khlorida. Perlu diketahui bahwa banyak sekali jenis garam yang ada di dunia ini, karena terbentuk dari banyak jenis ion-ion tadi, tapi semuanya memberi rasa yang sama yaitu ASIN.

Nah di dalam air laut banyak sekali terkandung ion-ion pembentuk garam, dari manakah ion-ion itu berasal? Jawabannya adalah : kita tau bahwa laut adalah tempat berkumpulnya semua air dari sumah kamu, selokan, sungai, semua air, termasuk air hujan. Kesemuanya mengalir menuju laut, sambil “mencuci” batuan, tanah, semua benda yang dilewatinya, sambil membawa juga ion-ion tadi (semua terjadi dalam proses hidrologis). Belum lagi peristiwa alam seperti letusan gunung api baik yang di daratan maupun di lautan, semua memberi kandungan khlor yang berlimpah bagi lautan.

Proses di lautan ini berlangsung sejak lama, milyar-an tahun, sementara sungai atau danau relatif berusia lebih “muda”. Pantas lah jika air laut terasa asin, sementara air sungai dan danau tidak.

Coba deh pada saat kamu berkesempatan bermain-main di pantai, keringkan pakaian basah yang kamu pakai bermain, kamu akan mendapati butir-butir putih dan rasanya asin, itulah garam yang berasal dari lautan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar